Manfaat Serta Fungsi Struktur Organisasi Bagi Perusahaan

Negara berkembang memiliki beberapa alasan untuk mengadakan Badan Usaha Milik Negara diantaranya adalah untuk menyeimbangkan atau menggantikan swasta yang lemah. Maksudnya adalah untuk menghasilkan rasio investasi yang lebih tinggi, penambahan modal investasi, alih teknologi, meningkatkan sektor ketenagakerjaan, dan memproduksi barang-barang dengan harga terjangkau. Presentasi bisa berguna apabila dilakukan dengan jumlah peserta yang banyak atau untuk mengirim informasi tertentu, misalnya seperti dalam konferensi atau pitching klien. Namun, untuk rapat inner dengan beberapa orang saja, presentasi bisa merepotkan atau mengganggu, apalagi kalau ada kendala teknis. Selain membatasi jumlah peserta, CEO Amazon Jeff Bezos juga dikenal tak suka struktur rapat yang terlalu banyak dan presentasi dengan menggunakan PowerPoint.

Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk menciptakan hubungan tersebut adalah menunjuk direksi independen sebagai salah satu anggota komite audit. Hal ini dimaksudkan untuk menambah kemampuan dari komite audit berkaitan dengan permasalahan majemen resiko, proses kontrol dan pengelolaan perusahaan dan proses lainnya yang berkaitan dengan permasalahan asuransi. Sebagai contoh, oknum A yang berlatar belakang hukum akan berbicara mengenai hukum, oknum B berlatar olahraga berbicara mengenai olahraga dan lain sebagainya.

Menilai diri pemimpinnya sendiri atas kepemimpinan Anda bisa jadi hal sulit. Tetapi masukan dari tim, karyawan atau staf Anda sendiri sangat berharga dalam mengevaluasi efektivitas kepemimpinan Anda. Berbicara dengan rekan kerja dan teman sebaya dapat memberi perspektif lain maupun baru yang diperlukan atas gaya dan pendekatan kepemimpinan Anda. Jika Anda mengendalikan orang untuk melakukan hal-hal tertentu dengan cara tertentu, Anda tidak akan mendapatkan tingkat keterlibatan yang Anda cari.

Sistem ini sangat dibutuhkan karena memiliki tingkat kompleksitas tinggi dalam organisasi bisnis. Apabila tidak memiliki informasi yang tepat, maka tidak akan ada organisasi maupun bisnis yang dapat mengambil sebuah keputusan dengan baik. Jangan kuatir, ahli kepemimpinan dalam perubahan dari Harvard Business School Prof. John P. Kotter menganjurkan 8 Langkah praktis untuk melakukan perubahan dan mentransformasi perusahaan atau organisasi yang Anda pimpin.

Cara mengatur suatu organisasi/ perusahaan

Cobalah pikirkan sikap seperti apa yang harus dilakukan untuk mencapai kesuksesan perusahaan Anda. Buatlah secara terperinci, jelas dan terukur, mulai dari yang paling mudah hingga yang membutuhkan usaha ekstra. Pertimbangkan segala bentuk pendapat atau saran yang disampaikan dalam forum maupun e-newsletter. Siapa tahu di antara saran atau pendapat tersebut, ada yang bisa menjadi bahan perbaikan untuk visi dan misi perusahaan yang lebih baik.

Gaya Kepemimpinan paternalistik tumbuh dan berkembang di lingkungan tradisional yang masih kuat ikatan primordialnya, sehingga berdampak pada karyawan/bawahan yang kurang dapat mengembangkan bakat dan potensi. Selain itu, bawahan tidak didukung untuk berpikir kreatif dan inovatif. Pendekatan karakter atau sifat berguna untuk memandang kepemimpinan sebagai suatu kombinasi dari sifat-sifat yang tampak dari seorang pemimpin. Ada sejumlah sifat/ karakteristik tertentu yang berkaitan dengan keberhasilan dan kegagalan dari pemimpin.

Membangun komunikasi informal akan membuat kamu dapat meningkatkan kepercayaan dan respect dari anggota tim sehingga mereka nyaman untuk bekerja sebagai tim dengan kamu. Komunikasi informal ini mungkin bisa kamu bangun dengan melakukan hangout bareng atau melakukan aktifitas have enjoyable bareng. Setiap pihak yang terlibat dalam koordinasi haruslah memiliki kesamaan persepsi mengenai tujuan yang akan dicapai. Dengan demikian, walaupun memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda, setiap pihak menyadari bahwa semua itu adalah dalam rangka saling melengkapi dan mendukung untuk mencapai tujuan yang sama. Misalnya kamu yang terlibat dalam suatu social project atau komunitas sosial pasti sering menemukan volunteer yang tujuannya berbeda-beda ketika bergabung. Manajemen tingkat senior lebih sering menggunakan EIS untuk membantu dalam membuat keputusan untuk mempengaruhi organisasi.

Rutam