Peran Keluarga Dalam Pendidikan Nilai Dan Karakter

Terapi perilaku kognitif didasarkan kepada teori bahwa perilaku seseorang merupakan wujud dari pikirannya. Artinya, jika seseorang berpikiran negatif, maka perilakunya pun akan negatif, begitu pun sebaliknya. Setelah itu, dokter atau psikiater akan melakukan diskusi dengan pasien atau memberikan kuesioner terkait pikiran, perasaan, dan perilakunya. Informasi tambahan dari anggota keluarga, rekan kerja, atau teman terdekat akan sangat membantu dokter dalam menentukan diagnosis. Berdasarkan Pakar Bahasa Tubuh, Patti Wood, seseorang yang suka membawa dompet di lekukan lengan menunjukkan kepribadian yang memelihara diri dan menekankan standing sosial.

Dengan memahami kepribadian diri tentu akan membuat seseorang belajar banyak hal mengenai sebuah kepribadian. Dengan modal tersebut, dapat dengan mudah memahami kepribadian orang lain. Hal itu akan membuatnya terbuka dengan persepsi yang berbeda dari orang lain. Sebab seseorang sudah paham bahwa ada banyak orang yang memiliki tipe kepribadian yang berlawanan dengannya. Ketika zaman telah bertransformasi menjadi sebuah era komunikasi dan informasi yang begitu bebas dan terbuka, maka diperlukan sebuah tatanan nilai yang baik.

Kepribadian seseorang

Sifat plegmatis juga cenderung lama dalam mengambil keputusan karena selalu mementingkan orang lain terlebih dahulu. Biasanya pribadi seperti ini memiliki hubungan yang baik dengan keluarga termasuk tetangga. Misalnya wanita memasak untuk laki-laki, laki-laki membuka pintu bagi wanita.

Dengan begitu, seseorang dapat mencari cara yang tepat untuk memperbaiki kekurangan tersebut serta mengembangkan potensi yang dimiliki. Sikap atau karakter yang muncul pada seseorang ketika bereaksi terhadap setiap rangsangan terbentuk oleh tipe kepribadian yang mendasar. Setiap orang pasti memiliki kepribadian yang berbeda-beda dengan ciri yang dominan misalnya lemah lembut, penyabar, arogan atau emosional. Dalam bergaul, perbedaan kepribadian otomatis diikuti dengan perbedaan karakter dan terkadang menimbulkan konflik.

Sebaliknya, bagi yang bertipe Fiend umumnya mereka memeriksa setiap produk secara teliti sebelum membeli salah satunya. Sehingga dapat disimpulkan, orang bertipe fiend memiliki sifat menganalisa informasi dengan baik dan detail, sedangkan yang bertipe Foe tidak terlalu mementingkan element dan lebih memilih informasi yang bersifat umum. Kepribadian seseorang pada umumnya diupengaruhi oleh dua faktor yakni faktor dari dalam dan faktor dari luar diri atau faktor lingkungan. Ajaran agama mempunyai peranan penting dalam pembentukan kepribadian individu. Ajaran agama adalah ukuran‐ukuran yang menetapkan batas‐batas boleh tidaknya atau baik buruknya cara‐cara untuk meredakan ketegangan itu.

Rutam